Diprotes Banyak Pelanggan, OYO Klaim Telah Selesaikan 85% Refund

OYO diprotes pelanggan

Source: id.techinasia.com

Startup layanan hotel, OYO tengah ramai diprotes para pelanggan melalui Instagram. Pengguna mengelukan proses pengembalian dana yang tak kunjung di selesaikan oleh startup ini. Namun, pihak OYO mengklaim telah membayar lebih dari 85% pengembalian dana pada pengguna.

Carlo Ong selaku Head of Country Operation OYO di Indonesia mengatakan bahwa OYO telah berkomitmen untuk menyelesaikan proses pengembalian dana konsumen secepat mungkin. OYO juga tengah berupaya untuk merubah sistem refund dari offline menjadi sistem digital.

Carlo menyatakan,”( Sebanyak) 15% permintaan refund yang belum terselesaikan umumnya terjadi karena kesalahan input data oleh konsumen kami, sehingga butuh waktu lebih bagi kami untuk melakukan validasi.”

OYO menjelaskan akan menghubungi pihak konsumen yang merasa dirugikan melalui email. Konsumen diminta untuk mengisi data untuk mempercepat pengajuan proses refund. Namun, pelanggan yang tidak dapat dihubungi akan dimintakan informasi tambahan untuk verifikasi data.

Untuk mempermudah pengguna, OYO akan menambahkan fitur e-wallet pada aplikasinya. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam pembayaran transaksi maupun proses refund.

Carlo menambahkan bahwa pihak OYO akan terus proaktif menghubungi para konsumen melalui telepon atau media sosial untuk menyelesaikan proses pengembalian dana.

OYO menghimbau para pelanggan yang ingin mendapatkan pengembalian dana agar menghubungi OYO secara langsung. Konsumen dapat menghubungi call center OYO melalui live chat, telepon ataupun email. Pelanggan akan mendapatkan nomor tiket aduan sehingga keluhan mereka akan segera ditindak lanjuti.

Isu terkait sulitnya proses pengajuan refund OYO ini digencarkan oleh salah satu akun Instagram @oyobikinrugi_. Akun ini mengunggah keluhan para konsumen maupun mitra OYO.

Para pengguna mengeluhkan kamar yang telah dipesan ternyata sudah overbooked sehingga mereka mengajukan proses pengembalian dana. Sementara itu, para mitra yang juga dirugikan oleh OYO mengeluhkan bahwa banyak poin pada kontrak kerja sama yang tidak dipenuhi oleh OYO.

Related posts

Leave a Comment