Bioskop di Jakarta Batal Buka Seiring Pemberlakuan PSBB

bioskop batal buka

Source: tempo.co

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan bahwa pembukaan bioskon dalam waktu dekat ini dibatalkan karena pemberlakuan PSBB mulai tanggal 14 September nanti. Pengusaha bioskop pun hanya bisa pasrah dengan keputusan ini.

Sebenarnya bioskop direncanakan dioperasikan kembali pada tanggal 10 September. Namun, dengan adanya kebijakan PSBB, pembukaan kembali bioskop ini harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Djonny Syafruddin selaku perwakilan dari Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia mengaku pasrah dengan adanya kebijakan tersebut. Pihaknya memilih untuk terus berdoa agar pandemi ini dapat segera berlalu.

Djonny mengatakan,” Kita juga mau ngomong apa? Ntar gini, ntar gitu, ntar masa transisi, balik lagi, sudah 5 kali, ya sudah lah pasrah aja lah, mau diapain coba, doa sih nggak berhenti-henti pada Allah ya. Itu sudah terjadi, kita tidak bisa berbuat banyak lah, udahlah.”

Djonny juga menambahkan jika izin pembukaan bioskop telah terbit, maka seluruh bioskop di Jakarta ataupun seluruh daerah bisa dibuka secara serentak mulai kemarin. Namun, sampai kini izin tersebut belum turun. Hal ini dikarenakan banyak proses persetujuan yang perlu dipenuhi oleh pengelola bioskop agar izin dapat turun.

Djonny mengungkapkan bahwa seluruh proses pengurusan izin tersebut akan terus dijalankan. Hal ini dilalukan hingga semua bioskop di Indonesia telah dinyatakan dapat dan layak buka untuk publik.

Hingga saat ini, hanya bioskop XXI yang telah melengkapi proses perizinan tersebut. Saat ini pihak XXI tinggal menunggu SK izin pembukaan kembali terbit.

Djonny menyatakan bahwa selama 10 hari ini, pihaknya terus melakukan diskusi dan pengajuan proposal. Peninjauan ke bioskop juga telah dilakukan bersama Pemda, Dinas pariwisata, kominfo, dan ekonomi kreatif.

Bioskop yang telah menyelesaikan persyaratan adalah XXI. Sedangkan bioskop CGV dan Cinepolis masih akan ditinjau kembali.

Hal ini terus diupayakan agar saat PSBB dilonggarkan nanti, bioskop di seluruh Indonesia dapat buka secara serentak.

Related posts

Leave a Comment