Menteri BUMN Berencana Merger 22 Hotel Berplat Merah

Erick Thohir akan gabung hotel BUMN

Source: voi.id

Erick Thohir selaku Menteri BUMN berencana akan menggabung 22 hotel milik BUMN. Sebagai tindak lanjut dari rencana tersebut, lima BUMN telah menandatangani nota kesepahaman mengenai rencana konsolidasi bisnis perhotelan tersebut.

Lima BUMN tersebut meliputi PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, PT Hotel Indonesia Natour, PT Pegadaian, dan PT Wijaya Karya.

Dengan penandatanganan MoU tersebut, BUMN tersebut telah berkomitmen untuk menggabungkan bisnis hotel-hotel milik BUMN. Hotel tersebut mencakup 22 unit hotel milik BUMN dan 2 hotel operator manajemen.

Kartika Wirjoatmodjo selaku Wakil Menteri BUMN menyatakan dalam keterangan tertulis,”BUMN perlu kembali ke core business masing-masing. Sehingga untuk perhotelan, misalnya, perlu dilakukan atur ulang anak usaha Hotel BUMN sehingga BUMN yang bersangkutan bisa kembali menjalankan bisnis sesuai dengan inti bisnis yang mereka miliki.”

Kesepakatan tersebut merupakan langkah awal untuk mendukung program pemerintah sektor pariwisata dan juga untuk menaikkan daya saing dari hotel BUMN.

Berbagai hotel milik BUMN tersebut terletak di lokasi yang strategis. Jika pengelola fokus untuk memberikan pelayanan prima pastilah hotel-hotel BUMN tersebut dapat menjadi hotel yang dibanggakan negara ini.

Penandatangan MoU atau nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh direktur kelima BUMN tersebut, yaitu Ifran Saputra selaku PT Garuda Indonesia, Iswandi Said selaku Dit=rut PT Hotel Indonesia Natour, Nicke Widyawati selaku Dirut Pertamina, Agung Budi Waskito selaku Dirut Wijaya Karya, serta Kuswiyoto selaku Dirut PT Pegadaian.

Sebagai Informasi, Menteri BUMN Erick Thohir kini tengah berupaya melakukan perampingan BUMN. Semula BUMN berjumlah 142, kini dirampingkan hanya menjadi 107. Nantinya perampingan akan terus dilakukan hingga menjadi 40 BUMN saja.

Penggabungan hotel-hotel milik BUMN tersebut bertujuan agar menjadi lebih efisien serta kompetitif sehingga mampu bersaing dengan bisnis perhotelan baik di dalam maupun di luar negeri.

Related posts

Leave a Comment