PMO Tunda Pelatihan Tatap Muka Program Kartu Prakerja

pelatihan offline kartu prakerja ditunda

Source: ayojakarta.com

PMO atau Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memutuskan untuk mengundur pelatihan tatap muka karena angka penyebaran virus Covid-19 masih tinggi.

Pada bulan Juli lalu, Airlangga Hartanto selaku Menko Bidang Perekonomian menyatakan bahwa pelatihan offline kartu prakerja bisa dimulai pada bulan Agustus. Akan tetapi, pelatihan offline ini harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Penundaan pelatihan tatap muka ini bertujuan untuk melindungi kesehatan para pelatih dan juga peserta pelatihan.

Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja mengatakan,”Pelatihan offline jangan dulu diselenggarakan demi memastikan tidak hanya masalah ekonomi yang challenging sekarang.”

Untuk mekanisme pelaksanaan pelatihan offline, PMO juga telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. Wiku Adisasmito selaku Ketua Tim Pakar Satgas Covid 19 mengatakan bahwa pelatihan offline boleh dselenggarakan pada zona hijau. Namun saat ini zona hijau masih sangat sedikit.

Sementara itu, jika pelatihan kartu prakerja secara offline tetap dilakukan, maka harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini tentunya akan menambah biaya pelatihan yang harus dikeluarkan oleh pelaksana program.

Denni menjelaskan jika biaya pelatihan akan semakin besar karena untuk kelas yang sama, jumlah peserta harus dikurangi untuk penerapan protokol kesehatan. Hal ini tentunya semakin membebani biaya penyelenggaraan pelatihan.

Denni menyarankan peserta program Kartu Prakerja yang ingin mendapatkan pelatihan tatap muka untuk mendaftar pelatihan di BLK atau Balai Latihan Kerja yang dikelola pemerintah.

Denni menambahkan bahwa peserta yang telah terbiasa mengikuti pelatihan offline bisa mendaftarkan diri ke BLK untuk mendapatkan pelatihan reguler.

Saat ini Balai Latihan Karja milik pemerintah tetap mengadakan pelatihan di berbagai wilayah di Indonesia. Pelatihan tatap muka ini dananya terpisah dari pelatihan kartu prakerja.

Related posts

Leave a Comment