Meski PSBB Dilonggarkan, Bioskop Jakarta Masih Belum Buka

Bioskop Jakarta masih belum buka

Source: grid.id

Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia menyatakan bahwa meskipun PSBB transisi sudah berlaku namun masih banyak bioskop yang belum buka. Hal ini dikarenakan pembatasan jumlah pengunjung yang terlalu sedikit dan juga masalah ketersediaan film.

Sebagai informasi, pemprov DKI Jakarta mengeluarkan aturan PSBB Transisi yang berlaku mulai tanggal 12 hingga 25 Oktober. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa bioskop diizinkan beroperasi namun syarat maksimal kapasitas pengunjung hanya 25%.

Sebelum kebijakan PSBB transisi keluar, bioskop diperbolehkan buka dengan maksimal penonton 50%. Namun kini aturan tersebut membatasi pengunjung hanya 25%. Secara matematika, pelaku usaha bioskop pasti akan menanggung kerugian yang lebih besar.

Djonny Syafruddin selaku Ketua Umum GPBSI mengatakan bahwa ekosistem bioskop tergantung pada film. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika bioskop tidak dapat menarik penonton, pastinya produsen film akan memilih alternatif penyiaran film lainnya seperti TV ataupun media lainnya.

Djonny berharap, kapasitas bioskop dapat dinaikkan menjadi 50%. Namun, hal ini juga belum tentu dapat menaikkan jumlah penonton. Faktor lain yang mempengaruhi adalah daya beli masyarakat.

Djonny menambahkan bahwa pengusaha bioskop akan mengadakan pertemuan untuk membahas apakan bioskop akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Serta pertemuan tersebut juga akan membahas tentang stok film.

Djonny juga mengungkapkan bahwa selama tujuh bulan ini, pelaku industri bioskop telah mengalami kerugian yang besar. Satu bioskop mencatatkan jumlah kerugian minimal Rp 80 juta. Nominal tersebut untuk membayar listrik dan juga karyawan yang masih bertugas.

Sebelum memutuskan untuk membuka kembali bioskop, bioskop juga telah merancang protokol kesehatan sesuai dengan rekomendasi pemerintah. Diantaranya adalah protokol sebelum memasuki terater, saat berada dalam teater, dan juga sistem keluar dari teater.

Related posts

Leave a Comment