Ruangguru Tawarkan Sistem Belajar Jarak Jauh Gratis

ruangkelas program pembelajaran jarak jauh oleh ruangguru

Source: ruangguru.com

Tahun ajaran baru akan segera tiba. Namun, pandemi yang belum usai mengharuskan para siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Menyikapi hal ini, Ruangguru sebagai penyedia aplikasi pendidikan dengan basis teknologi meluncurkan program RuangKelas. Program ini ditawarkan secara gratis untuk semua sekolah di Indonesia.

Melalui program Ruangkelas, kegiatan belajar mengajar secara daring dapat dilakukan tanpa biaya. Guru dapat memberikan mater pelajaran maupun tugas pada siswa. Selain itu, program ini juga memungkinkan adanya diskusi anatara guru dan siswa. Penilaian proses belajar siswa juga dapat dilakukan dengan mudah. Semua fitur ini dapat diakses secara gratis melalui www.kelas.ruangguru.com.

Direktus Utama Ruangguru, Belva Devara mengatakan bahwa program Ruangkelas yang dirilis Ruangguru merupakan sistem pengelolaan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang akan memudahkan semua guru dan siswa. Dengan adanya program ini, diharapkan kegiatan belajar jarak jauh dapat berjalan dengan efektif dan mudah.

Belva menambahkan.”Pada tahun ajaran baru ini, proses pembelajaran jarak jauh masih harus dilakukan. Dengan menimbang masih banyaknya guru yang merasa kesulitan dalam menciptakan suasana belajar mengajar secara daring. Selain itu, para siswa juga kurang mendapatkan materi dan informasi karena media komunikasi yang berbeda. Oleh karena itu, Ruangguru menghadirkan Ruangkelas yang bisa diakses secara gratis.” Diharapkan fitur Ruangkelas memudahkan guru untuk mengelola kegiatan pembelajaran jarak jauh. Sehingga murid pun dapat mengikuti semua kegiatan belajar mengajar dengan baik karena semua ada dalam satu sistem yang sama.

Fitur-fitur dalam Ruangkelas

Semua Guru dan Siswa akan memperoleh banyak kemudahan dengan menggunakan berbagai fitur yang terdapat dalam aplikasi ini, diantaranya adalah:

  • Fitur Classroom.

Dengan fitur ini, guru dapat menjadwalkan dan membuat kelas. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain mengundang siswa agar menjadi anggota kelas tersebut, melakukan chat group untuk berkomunikasi dengan seluruh siswa, serta menjadwalkan pemberian materi dan pengerjaan tugas.

  • Materi Belajar

Melalui fitur ini, guru dapat membagikan materi pembelajaran. Materi ini bisa diambil dari fitur Ruangbelajar yang berisi rangkuman materi ataupun video belajar. Selain itu, guru juga bisa mengunggah materi sendiri dengan melampirkan tautan berupa video atau materi lainnya.

  • Fitur Tugas

Fitur ini memudahkan para guru untuk memberikan tugas pendalaman materi belajar melalui soal-soal berbentuk esai maupun pilihan ganda. Materi soal bisa dibuat sendiri ataupun mengambil dari soal latihan yang tersedia di fitur Ruangbelajar. Fitur ini juga memungkinkan guru menentukan waktu untuk mengumpulkan tugas. Guru juga bisa menjawab pertanyaan para siswa mengenai tugas tersebut lewat kolom komentar.

Untuk dapat mengakses semua fitur ruangkelas ini, pengguna terlebih dahulu harus mendaftarkan sekolah mereka melalui laman www.kelas.ruangguru.com. Pendaftaran dan penggunaan aplikasi ini tidak akan dipungut biaya. Setelah melakukan pendaftaran, guru dapat memulai kegiatan belajar mengajar jarak jauh  dan menggunakan semua fitur di ruangkelas.

Related posts

Leave a Comment