Saingi Tokopedia dan Gojek, DANA Buka Layanan Investasi Emas

DANA luncurkan fitur DANA eMAS

Source: koinworks.com

Perusahaan Fintech pembayaran, DANA baru saja meluncurkan fitur baru. Layanan baru ini memungkinkan pengguna untuk berinvestasi emas. Fitur ini dinamai DANA eMAS. Kini DANA bersaing dengan Gojek, Tokopedia dan Bukalapak yang telah memulai layanan investasi emas terlebih dahulu.

Untuk menyediakan layanan DANA eMAS ini, perusahaan ini bekerja sama dengan startup Pluang. Pengguna aplikasi DANA dapat memulai investasi emas dengan membeli emas minimal 0.01 gram yang dihargai Rp 10 ribu.

Vincent Iswara selaku CEO dan Co-Founder DANA mengatakan bahwa pengguna tidak hanya bisa melakukan kegiatan jual beli emas. Namun, pengguna juga bisa memanfaatkan cicilan emas selama 3 hingga 24 bulan.

Vincent menambahkan selama pandemi ini, mayarakat menjadi kurang konsumtif. Mereka mengurangi belanja yang tidak perlu. Kini masyarakat cenderung memilih untuk melakukan investasi jangka panjang. Salah satunya dengan cara membeli emas.

Tren membeli emas ini terlihat dari harga emas yang kian hari kian meningkat. Bahkan harga emas Antam pada hari ini mencapai harga tertingginya.

DANA melihat tren harga emas ini menjadi peluang untuk membuka layanan investasi emas. Namun, hanya pengguna DANA Premium yang bisa mengakses fitur DANA eMAS ini. Untuk meningkatkan status menjadi Akun premium, pengguna hanya perlu mengunggah KTP dan mengambil selfie.

Setelah berhasil meng-upgrade akun menjadi premium, pengguna bisa mulai untuk menggunakan fitur DANA eMAS . Pengguna bisa mulai untuk membeli emas secara cash maupun cicilan.

Veincent menjamin keamanan pengguna dalam melakukan jual beli emas ini. Hal ini dikarenakan mitra DANA yakni Pluang telah terdaftar pada Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Selain itu, emas seluruh nasabah juga disimpan oleh Kliring Berjangka Indonesia.

Dengan demikian, seluruh transaksi jual beli emas yang dilakukan pelanggan tidak hanya dicatat dalam aplikasi DANA. Namun transaksi tersebut juga tercatat di Bappebti. Sementara itu, fisik emas yang dibeli pelanggan akan dijamin dan disimpan oleh KBI.

Selain DANA, Pluang juga bekerja sama dengan perusahaan digital lain seperti Gojek untuk menghadirkan layanan investasi emas. Selain itu, Pluang juga bekerja sama dengan Bukalapak. Sementara itu, e-commerce Tokopedia juga telah menyediakan fitur investasi emas sejak bulan Maret 2008.

Related posts

Leave a Comment