Kementerian BUMN Luncurkan Platform Pasar Digital UMKM

Kementerian BUMN luncurkan Pasar Digital UMKM

Source: fakta.news

UMKM adalah salah satu komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk mendukung percepatan pengembangan sektor UMKM diperlukan penmanfaatan inovasi dan teknologi. Oleh karena itu, Kementerian BUMN dan 9 BUMN meluncurkan platform digital untuk pelaku UMKM.

Platform digital tersebut diberi nama PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM. Platform ini bertujuan untuk memberikan fasilitas untuk pengembangan potensi pelaku UMKM di Indonesia.

Peluncuran PaDi UMKM ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-75. Platform ini diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Tohir, Teten masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM, Roni Dwi Susanto selaku Kepala LKPP, serta sejumlah direksi BUMN.

Peresmian tersebut dilakukan dalam acara yang bertajuk Perluasan Pasar UMKM untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Dalam acara virtual tersebut, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga turut bergabung.

Pasar Digital UMKM ini adalah platform hasil karya anak bangsa yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Kemudian platform tersebut dikembangkan oleh PT telkom yang mempunyai peran sebagai pengelola layanan pemasaran Business to Business.

Sementara itu 8 BUMN yang terlibat dalam pengembangan platform PaDi UMKM adalah Waskita Karya, Pembangunan Perumahan, Pegadaian, PT Pertamina, Pupuk Indonesia, permodalan Nasional Madani, dan BRI.

Dalam peluncuran platform tersebut, Menteri Erick Tohir mengatakan bahwa peningkatan belanja pada UMKM dapat mendorong pergerakan perekonomian Indonesia, sehingga ekonomi Indonesia akan lebih cepat pulih.

Platform tersebut dapat memberikan berbagai keuntungan untuk UMKM. Diantaranya adalah akses pasar akan menjadi lebih luas, mendapatkan akses permodalan, dan dapat menjangkau e-commerce untuk lokal dan global.

 Sednagkan manfaat Platform PaDi UMKM bagi pemerintah adalah dapat meningkatkan ekonomi rakyat. Selain itu, platform tersebut bisa menggambarkan data yang vaid tentang UMKM serta usaha rakyat.

Saat ini, Indonesia memiliki sekitar 60 juta pelaku UMKM. Sedangkan jumlah UMKM yang telah terdaftar dalam platform pasar Digital UMKM ini sebanyak 56.000. Kementerian BUMN berharap kedepannya akan lebih banyak UMKM yang bergabung dalam platform ini.

Related posts

Leave a Comment