Platform Digital Bantu Tingkatkan Pendapatan Petani

Startup digital bantu tingkatkan pendapatan petani

Source: rukita.co

Pertanian merupakan salah satu sektor yang dapat tumbuh positif di tengah pandemi ini. Sejak Mei, upah riil buruh tani mulai meningkat setelah mengalami penurunan di awal tahun ini. Namun, startup di bidang pertanian mengklaim bahwa pendapatan petani dapat meningkat 10 kali jika bergabung dalam ekosistem digital.

Upah riil buruh tani memberi gambaran terhadap daya beli petani. Hal ini karena upah etrsebut dibandingkan dengan indeks konsumsi rumah tangga. Data BPS menyebutkan bahwa upah buruh tani telah meningkat sejak awal tahun.

Akan tetapi, upah riil petani menurun pada awal tahun. Untuk meningkatkan pendapatan para petani, Kementan serta Pemda berinisiatif untuk memasarkan hasil panen petani dengan menggunakan platform digital.

Kementan mencatat bahwa pemasaran holtikultura dengan menggunakan layanan digital meningkat hingga tiga kali lipat dalam pandemi ini.

Sebagai contoh, startup SayurBox kini telah bekerja sama dengan 1000 petani di beberapa wilayah seperti Bali dan Surabaya.Oshin Hernis selaku Head of Communications SayurBox mengatakan bahwa pendapatan petani yang menjadi mitra SayurBox dapat meningkat hingga 10 kali.

SayurBox berbeda dengan Tengkulak yang hanya menerima hasil panen berkualitas bagus saja. Sayurbox menerima seluruh hasil panen petani. Lalu hasil panen tersebut akan dikategorikan berdasarkan kualitasnya dan dipasarkan melalui platform SayurBox.

Selain itu, platform TaniHub Grup juga menyatakan bahwa pendapatan petani dapat meningkat antara 20-25% setelah bergabung platform ini.

Banyak petani yang terbantu dengan adanya sistem digital ini. Karena, petani banyak yang mengalami kesulitan saat memasarkan produk mereka saat pandemi. Kini terdapat sekitar 10 ribu petani yang telah bergabung dengan TaniHub.

TaniHub juga telah mempunyai tiga unit bisnis yaitu TaniHub, TaniSupply, dan TaniFund. TaniHub tidak hanya menyalurkan hasil petani di dalam negeri. Platform ini juga memasarkan hasil panen melalui eksportir.

Related posts

Leave a Comment