Kolaborasi Gojek dan Jejak Luncurkan Fitur Penghitung Emisi Karbon

Gojek rilis Gogreener carbon offset

Source: trenteknologi.com

Gojek yang merupakan penyedia layanan on-demand nampaknya menunjukkan komitmennya untuk peduli akan kelestarian lingkungan. Komitmen ini ditunjukkan dengan kolaborasinya dengan startup Jejak untuk menciptakan GoGreener Carbon Offset.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menghitung emisi karbon yang dihasilkan serta mengkonversinya dengan penanaman pohon.

Fitur Gogreener Carbon Offset tersebut telah hadir dalam bentuk shuffle card atau kartu acak pada aplikasi Gojek. Pengguna bisa mulai menghitung emisi karbon dengan memasukkan beberpada datas. Salah satunya adalah rata-rata jarak tempuh kendaraan yang digunakan setiap hari.

Aplikasi tersebut akan menghitung jumlah emisi karbon yang dihasilkan kendaraan. Selain itu, fitur tersebut juga akan menghitung jumlah pohon yang perlu ditanam untuk mengimbangi jumlah emisi tersebut.

Sony Radhityo selaku Head of Third Party Platform Gojek mengatakan bahwa untuk penghitungan emisi karbon tersebut menggunakan scientific carbon calculator.

Metode tersebut secara metodologi telah teruji keakuratannya sesuai dengan standar pemerintah dan internasional.

Gojek jua menawarkan pembelian pohon melalui aplikasinya. Mitra Gojek akan menanam pohon tersebut pada lokasi konservasi. Untuk harga pohon akan disesuaikan dengan tempat atau lokasi penanaman. Hal ini dikarenakan penanaman tersebut mencakup jasa operasional seperti petani dan teknologi yang berbeda pada setiap daerah.

Untuk saat ini, Gojek hanya melayani program menanam pohon di area Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta, Demak, Konservasi Mangrove Pesisir Bedono, serta Konservasi Laskar Taman Nasional Mangrove Park Bontang Kalimantan Timur.

Gojek akan memberikan laporan penanaman pada pengguna. Laporan tersebut mencakup warna daun, diamater pohon, dan faktor lainnya.

Untuk memantau keadaan pohon yang telah ditanam, Gojek bekerja sama dengan startup Jejak. Pemantauan tersebut menggunakan Internet of Thing dan teknologi kecerdasan buatan.

Gojek akan memperluas wilayah penanaman dan juga menggandakan pohon yang telah dibeli. Tujuan peluncuran fitur ini adalah untuk mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Related posts

Leave a Comment