Pahlawan Digital UMKM Terpilih Akan Dilatih oleh Grab, Facebook, dan Shopee

pahlawan digital UMKM

Source: mnews.co.id

Kemenkop UKM tengah menggelar kompetisi Pahlawan Digital UMKM untuk membantu pelaku usaha UMKM go digital. Dari 126 pendaftar, kini 30 pahlawan digital UMKM telah terpilih.

Penggagas program ini adalah Putri Tanjung yang merupakan putri dari Chairul Tanjung. Putri menjelaskan bahwa dengan pelatihan tersebut para inovator muda dapat meningkatkan dan mengembangkan inovasi. Selain itu, para inovator juga bisa menjangkau pelaku UMKM yang lebih luas lagi.

Putri menjelaskan bahwa para inovator terpilih masing-masing mempunyai keunikan untuk menawarkan solusi digital untuk pelaku UMKM. Salah satunya adalah Krealogi yang menawarkan platform digital untuk manajemen supply chain UMKM kriya.

Selain itu ada pula Femalepreneur.id yang memberdayakan UMKM perempuan. Inovator etrsebut menyediakan platform untuk pendidikan kewirausahaan dengan pendampingan yang intensif.

Banyak diantara inovator tersebut yang memberdayakan para peternak, nelayan, dan petani melalui program digitalisasi. Misalnya adalah belanjaikan.com, Kang Duren, dan Bisnisternak.id.

Selain platform tersebut, Pahlawan Digital UMKM yang terpilih lainnya adalah Ayowebs, Appon, Boleh.id, Auto Pilot Store, Cabang, Booble.id, serta Chatbiz.id. Selain itu, ada pula Doit BMI, CrediBook, Hey Indonesia, Gets.id, Kopral, dan Klik Direktori.

Platform lainnya adalah Lowcost Indonesia, Lapak Cerdas, Plaza Dayeuhluhur, Optima UKM, Finata, Restoku, Kururio, Sodoo.id dan GardhaCatering.

Putri menjelaskan bahwa inovator yang terpilih akan mendapatkan pelatihan dari facebook, Grab, dan Shopee. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkat pemanfaatan ekonomi digital. Selain itu, ada pula mentor dari Studio Yord dan Digitaraya.

Pelatihan boothcamp tersebut akan dilaksanakan selama tiga minggu mulai tanggal 23 September  hingga 9 Oktober 2020. Tema pelatihan yang akan diangkat adalah mengenai branding, desain, pengelolaan SDM, digital marketing serta pengembangan bisnis.

Related posts

Leave a Comment