Bandara Soetta Kini Gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Bandara Soetta operasionalkan PLTS

Source: headtopics.com

Bandara Soekarno Hatta akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada Gedung Airport Operation Control Center. Untuk saat ini, Bandara Soetta sedang dalam tahap uji coba operasional PLTS tersebut. Rencananya, PLTS akan beroperasi secara penuh mulai tanggal 1 Oktober.

PLTS tersebut menggunakan 720 solar panel system dengan kapasitas 241 Kilo Watt per peak yang dipasang di atas gedung untuk mengaliri peralatan canggih  di Gedung AOCC. Gedung tersebut adalah salah satu fasilitas yang cukup penting di area Bandara Soetta.

Gedung tersebut merupakan pos komando untuk memantau kelancaran operasional Bandara Soetta. Personil yang bekerja di gedung tersebut meliputi karyawan Angkasa Pura, airline operator, dan air navigation. Ada pula dari pihak Authorities seperti Bea cukai, karantina, imigrasi, kepolisian, dll.

Muhammad Awaluddin selaku Presiden Direktur PT Angkasa Pura II mengatakan bahwa PLTS yang digunakan di gedung AOCC adalah pintu masuk untuk energy baru terbarukan agar digunakan di bandara perseroan.

Diharapkan operasional PLTS di Bandara Soetta akan dapat mendorong bandara-bandara lainnya untuk menggunakan PLTS sebagai sumber energy terbarukan.

Pengembangan PLTS pada lingkungan Angkasa Pura II bertujuan untuk melengkapi kebutuhan pasokan listrik dari PLN. Operasional PLTS di Bandara Soetta ini juga sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk percepatan pengembangan dan pemanfaatan Energi Surya di BUMN.

Agus Wialdi selaku Director of Engineering PT Angkasa Pura II juga mengatakan bahwa penggunaan PLTS tersebut adalah langkah untuk menerapkan konsep Green Airport di Bnadara Soetta.

PLTS pada gedung AOCC Bandara Soetta tersebut dibanguun oleh PT Bukit Asam Tbk dan juga bekerja sama dengan anak usaha PT LEN Industri yaitu PT Surya Energi Indotama.

Related posts

Leave a Comment