Tak Hanya BBM, Kilang Pertamina Juga Produksi Bahan Parfum dan Cat Semprot

Kilang pertamina Plaju

Source: palpres.com

Ternyata, PT Pertamina tidak hanya memproduksi bahan bakar minyak. Salah satu kilang Pertamina yakni kilang di aderah plaju juga memproduksi bahan yang digunakan untuk pelengkap produk kecantikan dan juga kesehatan. Kilang Plaju ini menghasilkan Hydrocarbon Aerosol Propellant atau HAP.

HAP merupakan produk turunan yang dihasilkan oleh kilang Pertamina di refinery Unit III Plaju. HAP digunakan untuk bahan produk dalam bentuk spray seperti parfum, hair spray, penyegar wajah, dll. Selain itu, HAP juga digunakan untuk produksi cat semprot, produk pembunuh kuman dan juga serangga.

HAP adalah varian produk gas yang berfungsi sebagai gas pendorong atau aerosol yang ramah lingkungan. Sebelum menggunakan HAP, para produsen menggunakan CFC atau klorofluorkarbon. CFC dinilai bisa merusak ozon sehingga tidak ramah lingkungan.

Penggunaan HAP dapat mengatasi masalah pemanasan global. Hal ini jarena HAP etrbuat dari bahan alami yang todak berpotensi untuk menipiskan lapisan ozon.

Kilang Refinery Unit III Plaju ini diproduksi dalam berbagai jenis sesuai dengan spesifikasi dan juga industri penggunanya. Diantaranya adalah HAP-32 untuk industri parfum, HAP-39 untuk hair spary, HAP-42 untuk air freshner, HAP-52 untuk insektisida, dan juga HAP-85 untuk cat semprot.

Dewi Sri Utami selaku Region Manager Communication, relations & CSR Pertamina mengatakan,” HAP merupakan produk gas berasal dari crude yang diolah di Crude Distiller Units (CDUs) kemudian masuk ke Gas Plant Unit. Setelah melewati sejumlah proses, produk gas dari pengolahan kilang menghasilkan LPG, Musicool, dan HAP.”

Selama pandemi, produk HAP mengalami peningkatan permintaan. Hal ini dikarenakan melonjaknya produk sanitasi seperti disinfektan, sanitizer, dan juga produk lain yang menggunakan aerosol sebagai pendorong.

Related posts

Leave a Comment