PLN Siap Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

pembangkit listrik tenaga nuklir

Source: apbi-icma.org

Saat ini pemerintah dan DPR tengah menyusun RUU Energi Baru dan terbarukan. Salah satu poin dalam RUU tersebut adalah terkait pengembangan energi nuklir.

PT PLN menyatakan kesiapannya jika diberikan tugas oleh pemerintah untuk mengembangkan pembangkit listrik energi nuklir. PLN juga telah melakukan berbagai kajian untuk membangun pembangkit tenaga nuklir.

Iswan Prahastono selaku Direktur Puslitbang PLN mengatakan,” Dari sisi PLN seandainya memang ditugaskan pembangkit nuklir, kita sudah lakukan kajian terhadap penerimaan masyarakat seperti apa. Dari sisi non-teknis kebanyakan. Kalau dari sisi teknis kita enggak ada masalah.”

Iswan menambahkan bahwa saat ini telah banyak kajian mengenai teknologi nuklir sisi generasi 4. Selain itu, PLN juga telah berkoordinasi dengan LIPI dan juga BPPT untuk mengkaji hal tersebut.

Untuk saat ini, PLN hanya melakukan kajian tentang teknologi nuklir. Hal ini dikarenakan perusahaan ini belum memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir sehingga belum bisa melakukan terobosan. Produsen nuklir generasi 4 di dunia juga masih belum banyak sehingga akses tentang energi ini belum bisa dipelajari banyak.

Iswan menuturkan,” Itu sudah kita pelajari semua, apa kelemahan, kelebihan, terus produsennya nanti yang mana. Mungkin kalau nanti terjadi itu ngambilnya yang dari Jepang. Istilahnya bukan inovasi, kajian. Kalau inovasi jelas enggak ada karena kita enggak punya teknologi nuklir.”

Penggunaan energi nuklir sebagai sumber energi primer belum bisa dijadikan prioritas. Hal ini dikarenakan masih banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Proyek Pembangkit listrik tenaga nuklir bisa menimbulkan dampak lingkungan dan juga resiko kecelakaan yang besar.

Selain itu, biaya investasi PLTN sangat mahal jika dibandingkan dengan PLTU  dan PLTG. Alasan lainnya adalah masih banyak sumber energi di Indonesia yang bisa digunakan dengan maksimal. Diantaranya adalah panas bumi dan gas alam.

Related posts

Leave a Comment