Indonesia Akan Bangun Pabrik Baterai Lithium Untuk Mobil Listrik

Indonesia akan miliki pabrik baterai lithium

Source: beritabatavia.com

RI akan mempunyai pabrik baterai lithium yang akan dimanfaatkan untuk mobil listrik. Pabrik ini rencananya akan dibangun di daerah Sulawesi tengah. Saat ini, pemprov Sulteng tengah memfasilitasi rencana investasi proyek untuk pembangunan pabrik baterai lithium ini.

Diperkirakan, nilai investasi untuk pabrik ini sekitar Rp 51 triliun. Pembangunan pabrik ini akan memanfaatkan sumber daya alam beupa nikel yang melimpah di wilayah tersebut.

Longki Djanggola selaku Gubernur Sulawesi Tengah mengatakan,” Baterai yang lagi tren, dalam proses perizinan dan mudah-mudahan sepanjang memenuhi standar, kami mendukung pabrik baterai lithium dengan investasi rencana Rp 51 triliun.”

  Longki menjelaskan bahwa proses pengolahan tambang nikel di Sulawesi tengah telah berjalan dari hulu ke hilir. Sektor industri ini telah melibatkan lebih dari 30 ribu orang. 10 persen dari total tenaga kerja ini merupakan TKA atau Tenaga kerja Asing. Selutuh TKA tersebut ditampung di komplek milik PT IMIP atau Indonesia Morowali Industrial Park.

Longki menjelaskan,” Kalau di sana, Kabupaten Morowali, kalau pagi kalah ini Bekasi, macetnya, karena saking padatnya tenaga kerja yang mau masuk. Jadi memang industri pengolahan membantu daerah khususnya dalam pertumbuhan ekonomi dan menggerakkan ekonomi masyarakat.”

Dengan banyaknya jumlah pekerja tersebut, pastinya berdirinya pabrik baterai lithium akan memberikan dampak yang besar untuk perekonomian daerah Sulawesi Tengah.

Longki menambahkan,” Jadi industri baterai lithium adalah turunan dari nikel dan punya nilai tambah dan mendongkrak nilai ekspor yang sudah terbukti sebelum ada baterai membantu ekspor, apalagi kalau ada ekspor, mungkin sampai ada mobil.”

Related posts

Leave a Comment