Kemenparekraf Gelar Ajang FoodStartup Indonesia MMXX

foodstartup indonesia 2020

Source: askara.co

Kemenparekraf menyelenggarakan ajang FoodStartup Indonesia atau FSI MMXX. Kini, 1000 peserta yang merupakan pelaku industri kuliner telah lolos seleksi dan akan maju ke tahap inkubasi.

Fadjar Hutomo selaku Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf mengumumkan 1000 peserta FSI yang lolos ke tahap seleksi berikutnya. Sebagian besar peserta FSI ini merupakan pelaku di sektor usaha ekonomi kreatif khususnya bidang kuliner.

Fadjar menambahkan bahwa ajang ini adalah salah satu program yang dilaksanakan Kemenparekraf sebagai upaya untuk membantu pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif sektor kuliner. Kemenparekraf berharap peserta yang terpilih dapat produktif selama pandemi ini. Selain itu, peserta juga diharapkan mampu mengembangkan potensi mereka.

Kini ajang ini telah menjaring 1000 peserta yang dikurasi dari 6499 peserta. Ajang ini telah dibuka pendaftarannya sejak 20 April hingga 31 Mei. Sebagian besar peserta yang lolos seleksi ini merupakan pelaku usaha dibidang food service.

Proses kurasi tersebut dilakukan berdasarkan omzet yang dimiliki pelaku usaha tersebut. Sebagian besar peserta memiliki omzet kurang dari Rp 50 juta baik dari sektor usaha food service maupun food manufacture.

Sementara itu, peserta yang mempunyai omzet lebih dari Rp 200 juta hanya sekitar 6% dari pendaftar. Pendaftar harus membuktikan pembukuan keuangan mereka kepada panitia ajang FoodStartup Indonesia.

Fadjar menambahkan bahwa dari 1000 peserta ini akan disaring kembali menjadi 100 orang finalis. Pengumuman peserta yang lolos babak ini akan diumumkan secara online dalam waktu dekat.

Untuk peserta yang menjadi finalis ajang FoodStartup Indonesia ini berhak mengikuti event Demoday. Acara ini rencananya akan dilakukan di Bali pada bulan Oktober 2020. Dalam acara ini, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan seperti business coaching, direct mentoring, serta akan mendapatkan akses permodalan dan pemasaran.

Related posts

Leave a Comment