Kementan Naikkan Alokasi Pupuk Subsidi 1 Juta Ton

Alokasi pupuk subsidi ditambah

Source: agroindonesia.co.id

Untuk meningkatkan produktifitas para petani, pemerintah melalui Kementerian Pertanian berencana akan meningkatkan alokasi pupuk subsidi. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah akan menyediakan pupuk subsidi hingga 1 juta ton.

Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian melakukan kunjungan kerja ke PT Pupuk Kujang Lini III serta PT Pterokimia di kabupaten Indramayu Jawa Barat. Dalam kunjungan ini, Mentan mengecek ketersediaan pupuk subsidi.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pupuk sehingga dapat memenuhi kebutuhan petani. Yasin juga memastikan bahwa distribusi pupuk subsidi harus tepat sasaran yakni hanya untuk petani dengan luas lahan dibawah 2 hektare.

Yasin mengatakan dalam keterangan tertulis,” Saya memastikan ketersedian stok (pupuk subsidi) aman. Untuk menyelesaikan masalah distribusi, kita menyikapinya dengan membutuhkan detailing check and re-check di lapangan agar pupuk subsidi didistribusikan sesuai dengan kebutuhan.”

Yasin juga mengungkapkan harapan agar pemberian pupuk subsidi dapat sebanding dengan peningkatan hasil produksi. Oleh karena itu, pendistribusian pupuk dalam tiga bulan ini terus diawasi secara ketat sehingga target produktifitas dapat tercapai.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Sarwo Edhy selaku Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan mengatakan abhwa pemerintah akan menambahkan alokasi pupuk subsidi dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan produktifitas petani.

Rencana penambahan alokasi pupuk tersebut adalah 1 juta ton dengan anggarans ebesar Rp 3,14 triliun. Penambahan alokasi pupuk subsidi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani akan pupuk bersubsidi.

Penambahan alokasi pupuk subsidi tersebut akan disertai proses distribusi yang lebih baik sehingga dapat menjangkau seluruh petani yang membutuhkan di semua wilayah Indonesia.

Mekanisme distribusi yang akan diterapkan adalah dengan menggunakan eRDKK. Mekanisme tersebut telah teruji efektif dan efisien.

Related posts

Leave a Comment