Tekan Impor Produk Kimia, Chandra Asri Buka 2 Pabrik Baru

pabrik petrokimia chandra asri

Source: cnbcindonesia.com

PT Chandra Asri Petrochemical mengoperasikan dua pabrik produk turunan kimia metanol. Pabrik tersebut memproduksi MTBE (Methyl Tert-Butil Ether) dan B1 (Butene 1).

Pabrik MTBE berkapasitas 128 KTA. Pabrik ini memasok kebutuhan produk kimia octane booster yang hingga saat ini masih harus impor. Sementara itu, pabrik B1 yang berkapasitas 43 KTA akan dioperasionalkan untuk memenuhi kebutuhan pabrik Chandra Asri 33 KTA. Dan sisanya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Meskipun di tengah pandemi, PT Chandra Asri dapat menyelesaikan konstruksi kedua pabrik tersebut. Hal ini untuk mendukung target dari pemerintah untuk mengurangi impor. Serta untuk mendukung program peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Erwin Ciputra selaku Presdir Chandra Asri mengatakan bahwa fokus utama dari perusahaan adalah mendukung pemerintah serta industri dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan impor.

Dengan pabrik baru ini, pemerintah dapat mengurangi impor pabrik kimia hingga 35% pada tahun 2022. Konstruksi pabrik Chandra Asri ini dikerjakan oleh PT Inti Karya Persada Teknik dan Toyo Enginerering Corporation dan mulai dibangun sejak tahun 2018.

Erwin juga menyampaikan rasa terima kasih pada IKPT dan Toyo karena telah menyelesaikan konstruksi pabrik tersebut sehingga operasional pabrik dapat segera dimulai.

Pabrik ini adalah pabrik pertama di Indonesia yang menggunakan Lummus Technology. Teknologi ini adalah yang paling canggih untuk pabrik petrokimia.

Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian menyatakan bahwa pabrik petrokimia berperan penting untuk subtitusi impor. Selain itu, pabrik tersebut juga dapat menarik investor yang akan memberikan dampak positif untuk perekonomian Indonesia.

Saat ini Indonesia masih mengimpor produk kimia hingga mencapai nilai Rp 174 triliun. Dengan adanya pabrik produk kimia ini diharapkan nilai impor produk methanol dan turunannya dapat turun.

Related posts

Leave a Comment