Sumbang Devisa, Nilai Ekspor Batik Semakin Meningkat Meski Pandemi

nilai ekspor batik meningkat

Source: goodnewsfromindonesia.id

Agus Gumiwang selaku Menteri perindustrian mengatakan bahwa saat pendemi ini, industri batik dapat menyumbang devisa negara. Hal ini dikarenakan nilai ekspor batik pada periode Januari hingga Juli 2020 lebih tinggi daripada semester pertama tahun lalu.

Hal tersebut dibuktikan oleh capaian ekspor batik pada semester pertama tahun ini adalah senilai 21,54 juta dolar. Sementara capaian ekspor batik pada semester pertama tahun lalu hanya sekitar 17,99 juta dolar. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan angka eskpor batik tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Agus mengatakan,” Fenomena yang cukup unik, karena pasar ekspornya bisa meningkat di saat masa pandemi Covid-19. Pasar utama ekspor batik Indonesia antara lain ke Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.”

Dengan adanya petensi ini, Kemenperin berusaha keras agar dapat membuka pasar baru di dunia internasional. Hal tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja industri batik dalam negeri meskipun sedang dilanda pandemi.

Selain itu, Kemenperin juga berupaya untuk mengenalkan berbagai batik khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Agus menambahkan bahwa batik Indonesia memiliki banyak keunggulan sehingga dapat menjadi market leader di pasar batik global. Hal ini menjadi peluang bagi seluruh pelaku usaha dan industri batik untuk memperluas akses pasar.

Hal tersebut juga didukung oleh banyaknya tokoh dunia yang menggunakan batik dalam forum internasional. Selain itu, juga banyak desainer internasional yang mengadopsi batik asal Indonesia untuk diaplikasikan dalam rancangan fashion mereka.

Sebagai informasi, perkembangan batik Indonesia mencapai puncaknya sejak tanggal 2 Oktober 2009. Saat itu, UNESCO memutuskan bahwa batik Indonesia merupakan Masterpiece of the oral and Intangible Heritage of Humanity.

Sejak pengakuan UNESCO tersebut, pemerintah memutuskan bahwa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Related posts

Leave a Comment