Bedakan Batik Asli dan Tiruan, Kemenperin Buat Aplikasi Batik Analyzer

aplikasi batik analyzer

Source: infobatik.id

BBKB Yogyakarta yang merupakan unit dibawah Badan penelitian dan pengembangan Industri Perindustrian kini tengah mengembangkan aplikasi Batik Analyzer. Aplikasi ini berfungsi untuk membedakan produk batik asli dan tiruan.

Aplikasi ini dapat diinstal pada HP yang berbasis iOS ataupun android. Pengembangan aplikasi ini menggunakan teknologi Ai atau Artificial Intelegence yakni machine learning. Penggunaan teknologi tersebut sejalan dengan implementasi industri 4.0.

Kemenperin mengungkapkan bahwa meskipun bangsa Indonesia saat ini masih menghadapi kondisi yang kurang ideal untuk menjalankan aktivitas karena pandemi, namun tidak berarti kreativitas dan produktivitas harus terhenti.

Kemenperin terus berusaha untuk mendorong perkembangan industri batik agar dapat bersaing di kancah global. Diharapkan, industri batik bisa berdaptasi dengan berbagai perubahan. Salah satunya dengan berpikir kreatif dan menciptakan inovasi dengan memanfaatkan teknologi.

Selain itu, pemanfaatan sumber daya yang ada di sekitar juga perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar industri batik dapat terus memberikan kontribusi positif untuk menggerakkan perekonomian nasional.

Industri batik juga telah menyumbang devisa negara. Nilai ekspor batik pada semester pertama tahun lalu senilai $ 17.99 juta. Pasar utama ekspor batik RI adalah negara Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.

Bahkan dalam semester pertama tahun 2020 ini, ekspor batik mengalami peningkatan menjadi $21.54 juta. Pasar utama ekspor batik juga masih sama yaitu Jepang, Amerika Serikat, serta Eropa.

Hal ini merupakan fenomena yang menarik karena nilai ekspor justru meningkat di masa pandemi. Kemenperin juga berupaya untuk membuka pasar baru di kancah global agar dapat mendorong industri batik tanah air. Selain itu, hal tersebut juga bisa memperkenalkan batik Indonesia ke pangsa pasar yang lebih luas.

Batik tidak hanya merupakan warisan budaya bangsa. Namun, industri batik juga mempunyai nilai tambah yang besar serta memiliki dampak yang besar untuk industri lainnya. Untuk itu, Kemenperin terus mendorong perkembangan industri batik tanah air.

Related posts

Leave a Comment