Peresmian Bandara Yogyakarta, Jokowi Puji Pembangunan yang Cepat

Jokowi resmikan bandara YIA

Source: ekonomi.bisnis.com

Presiden Joko Widodo pagi ini meresmikan Bandara International Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Bandara ini juga disebut sebagai Yogyakarta International Airport atau YIA. Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo juga meresmikan menara Airnav Indonesia serta sistem peringatan dini tsunami.

Proses peresmian bandara ini ditandai dengan penekanan sirine serta penandatanganan batu prasasti oleh Presiden Joko Widodo. Persemian ini disaksikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY, Pratiko selaku Menteri Sekretaris Negara, Menteri BUMN yakni Erick Thohir, serta Heru Budi hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden.

Selepas proses peresmian, Jokowi mengapresiasi proses pengerjaan Bandara Yogyakarta yang cukup singkat. Proyek ini hanya dikerjakan selama 20 bulan saja.

Jokowi mengatakan,” Alhamdulillah Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen. Ini Dikerjakan sangat cepat, hanya 20 bulan, cepat sekali.”

Selain itu, Jokowi juga membandingkan bandara YIA ini dengan Bandara lama yaitu Bandara Adi Sutjipto. Bandara YIA ini memiliki landasan pacu yang lebih panjang yaitu 3250 meter persegi. Sedangkan bandara lama hanya 2200 meter persegi.

Sementara itu, Bandara Yogyakarta ini memiliki terminal yang lebih luas yakni 219.000 meter persegi. Sednagkan Bandara lama hanya 17.000 meter persegi. Dengan luas tersebut, Bandara YIA dapat menampung 20 juta penumpang. Jokowi mengatakan bahwa untuk saat ini, pengerjaan Bandara YIA ini adalah yang terbaik.

Di Bandara Adi Sutjipto hanya bisa digunakan untuk mendaratkan pesawat berbadan kecil. Sedangkan untuk Bandara YIA ini bisa digunakan untuk mendarat pesawat Boeing 777 dan Airbus A340.

Jokowi juga mengapresiasi seluruh pihak yang terkait dalam pembangunan Bandara ini yang menghabiskan dana Rp 11,3 triliun. Jokowi mengapresiasi Sri Sultan Hamengkubuwono X, PT PP serta Angkasa Pura I.

Related posts

Leave a Comment