Saingi Gojek dan Grab, AirAsia Luncurkan SuperApp Bulan Depan

AirAsia akan luncurkan SuperApp

Source: simpleflying.com

Maskapai Penerbangan AirAsia akan merilis aplikasi super bulan depan. Aplikasi ini akan menyaingi Gojek, Grab, dan Traveloka.

Tony Fernandes selaku CEO AirAsia mengatakan bahwa AirAsia akan meluncurkan fitur pemesanan hotel dan pesawat terlebih dahulu. Dengan bekerja sama dengan kiwi.com, AirAsia telah menambahkan fitur multi kota untuk memesan tiket di situs AirAsia.com.

Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk melakukan pemesanan tiket pesawat untuk berbagai tujuan hanya dengan satu klik.

Tony mengatakan,” Saya ingin menjadi Traveloka, yang menurut saya perusahaan hebat meskipun mereka mengusir AirAsia (dari platform).”

Pemesanan tiket AirAsia memang pernah hilang dari Traveloka. Maskapai penerbangan ini memutuskan untuk tidak lagi menawarkan tiket pesaatnya melalui Traveloka.

Kini, Airasia tengah mengembangkan platform yang juga bisa menjual tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan seperti Turkish Airlines dan Qatar Air.

AirAsia juga bekerja sama dengan Agoda untuk menawarkan jasa pemesanan hotel. Namun, untuk saat ini, AirAsia menghentikan kerja samanya dengan Expedia karena ingin fokus untuk mengembangkan platform AirAsia.com.

Selain layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel, AirAsia juga akan menyediakan layanan lainnya yaitu logistik. Dalam hal ini, AirAsia akan mendukung layanan pengiriman barang e-commerce. Layanan logistik seperti ini juga telah disediakan oleh Grab dan Gojek melalui GrabExpress dan GoSend.

Untuk memasuki pasar logistik, AirAsia juga telah mulai bekerja sama dengan perusahaan kargo Teleport Indonesia. AirAsia mulai bekerja sama dengan Teleport Indonesia sejak bulan Mei lalu.

Tidak hanya itu, AirAsia juga akan merambah bisnis layanan pesan antar makanan. Namun, AirAsia tidak akan merambah layanan tumpangan seperti taksi atau ojek online. AirAsia juga akan menyediakan layanan kesehatan dengan basis platform digital.   

Related posts

Leave a Comment