Masa Berlaku Paspor Biasa Diperpanjang Menjadi 10 Tahun

Source: tripzilla.id

Pemerintah mengumumkan secara resmi untuk mengubah masa berlaku paspor biasa. Sebelumnya masa berlaku paspor hanya 5 tahun. Kini, masa berlakunya diperpanjang menjadi 10 tahun.

Perubahan masa berlaku ini diatur dalam Peraturan Pemerintah no 51 tahun 2020 mengenai Perubahan Kedua Tas Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2003 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Isi dari Peraturan Pemerintah tahun 2020 yang telah diubah adalah sebagai berikut.

Pasal 51

  1. Masa berlaku paspor biasa paling lama 10 tahun sejak tanggal diterbitkan.
  2. Masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya..
  3. Batas usia pada anak sebagaimana diamaksud pada ayat (2) ditentukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sementara itu, peraturan baru tentang masa berlaku paspor ini juga mewajibkan agar menteri ataupun pejabat imigrasi yang telah ditunjuk untuk menerbitkan paspor biasa dalam waktu paling lama 4 hari kerja sejak ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 52 terpenuhi.

Dengan adanya peraturan baru ini, masyarakat bisa lebih hemat. Karena tidak perlu untuk memperpanjang masa berlaku paspor lima tahun sekali.

Peraturan tersebut juga menguntungkan bagi amsyarakat yang akan bepergian ke luar negeri. Hal ini dikarenakan paspor akan diterbitkan dalam waktu 4 hari saja.

Dalam Peraturan pemerintah tersebut, tidak banyak aturan lain yang mengalami perubahan. Masyararakat yang mengalami kehilangan paspor atau paspornya rusak karena bencana alam juga bisa bernafas lega. Hal ini karena, mereka tidak perlu lagi membayar biaya ganti paspor.

Related posts

Leave a Comment