Download our available apps

Trik Rahasia dan Cara Dribbling/Menggocek PES 2020

Pewarta - Prana Hikmat
Trik Rahasia dan Cara Dribbling/Menggocek PES 2020
Foto : Istimewa

Bukan rahasia lagi kalau Pro Evolution Soccer atau akrab dikenal dengan PES menjadi permainan konsol paling populer. PES merupakan permainan simulasi pertandingan sepak bola dari klub-klub ternama dunia, player setidaknya harus tahu cara dribbling/menggocek PES 2020. Mengapa begitu? Ya, karena ini merupakan teknik dasar yang harus dikuasai.

Bagi pemula, rata-rata mereka masih asal gocek yang penting bola bisa digiring. Hasilnya, ya, jarang menang dan selalu kehilangan bola. Sebenarnya, ada trik serta rahasia yang bisa dikulik oleh para player supaya gocekannya keren dan bisa membuahkan gol. Mau tahu bagaimana? Simak artikel ini sampai habis.

Pentingnya Cara Dribbling/Menggocek PES 2020

Game sepakbola tidak bisa dilepaskan dari aksi menggiring dan menggocek bola. Selain sebagai ruh nya permainan, teknik ini merupakan alat untuk menyusun skema serangan juga. Pada kenyataannya, inilah yang terjadi di persepakbolaan. Pemain sepak bola seperti Ronaldo harus memiliki kemampuan dribbling yang baik, bukan?

Pada PES 2020, pemainnya akan memainkan avatar atau karakter dari pemain sepak bola asli. Sebut saja Lionel Messi yang kemampuan goceknya diberi rating tinggi oleh Konami, publisher game ini. Bukan tanpa sebab, kenyataannya, Messi seolah bisa melekatkan bola ke kakinya tanpa bisa diserobot lawan.

Tetapi, tidak semua pemain bisa memainkan Messi di PES 2020 dan harus bermain dengan pemain lain. Nah, inilah yang dialami hampir semua pengguna dan teknik atau cara dribbling/menggocek PES 2020 harus dikuasai. Player dengan skill gocek yang tinggi berpotensi memenangkan permainan.

Tak berhenti sampai disitu, PES 2020 ternyata masuk dalam e-sport yang seringkali dilombakan dalam tingkat nasional bahkan internasional. Di Indonesia sendiri, ada Piala Presiden untuk e-sport ini, lho. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengasah kemampuan dribbling dengan cara terus mencari tahu trik serta rahasianya.

Trik Rahasia Dribbling PES 2020

Kemampuan dribbling harus dikuasai karena merupakan cara untuk bisa menembus pertahanan lawan dan terus maju kedepan. Agar bisa menguasainya, perlu latihan yang fokus pada akurasi cara menggiring. Disarankan untuk banyak berlatih pada mode latihan supaya familiar juga dengan pergerakan pemain lawan.

Lalu, trik dan rahasia gocek yang bisa menghasilkan serangan tajam itu seperti apa? Berikut ini daftar caranya:

1. Kuasai Rainbow Flick

Berlari sambil menggocek bola memang tidak mudah namun mau tak mau ini harus dilatih kalau ingin menang e-sport. Caranya yaitu dengan berlari sambil menekan F3 atau analog kanan 2 kali. Tetapi, kalau ingin bisa melakukan rainbow flick ini, jangan lupa untuk pelajari juga cross over turn.

Bagaimana cross over turn itu? Yaitu dengan menggiring bola sambil mengarahkan RS kebawah, kanan, lalu bawah lagi lanjutkan dengan LS. Bisa juga dengan menaikkan RS dan arahkan ke kanan, kemudian LS diarahkan juga keatas.

2. Trik Backheel Feint

Teknik gocek ini bisa dilakukan dengan cara menahan L2 lalu memutar analog kanan seperempat lingkaran, arahnya adalah kiri ke atas, lalu pada analog kiri arahkan dari kiri ke bawah. Pada ball roll 1, L2 ditekan dan ditahan lalu gerakkan analog ke kanan bawah.

Tambahkan lagi pada ball roll 2, menekan dan menahan L2, serta mengarahkan analog bagian kanan ke arah bawah dan atas. Bergkamp flick juga harus dilakukan pada trik ini yaitu dengan menahan R3 saat bola datang kemudian arahkan analog kiri ke arah yang dituju.

3. Lakukan Riquelme’s Turn

Ini adalah cara menggiring dan menggocek bola yang wajib dilatih. Trik ini bisa dilakukan dengan cara dribbling bola ke kanan, tekan R1 dua kali arahkan ke arah sebaliknya. Gabungkan dengan heel chop yang cara melakukannya adalah menekan dan menahan L2 ditambah menggerakkan analog kanan dan kiri ke atas.

4. Body Feint

Ini merupakan gabungan dari trik Gambetta dan Quick Body Feint. Cara melakukan Gambetta adalah dengan mengarahkan R ke atas atau bawah plus segera menambahkan L. Sedangkan Quick Body Feint dilakukan dengan menekan L ke atas atau bawah dan cepat cepat memindahkan L ke arah tujuan.

5. Step on Skill

Rahasia dari gerakan ini adalah menggabungkan draw and open, draw and close, serta scotch move. Draw and open diperoleh dari menahan R kekiri ditambah menahan juga L kebawah atau kanan. Sedangkan Draw and close dilakukan dengan menahan R kekiri dan menahan L ke atas. Scotch move didapatkan dari menahan R kekiri plus L kekanan atau atas.

6. Flip Flap Skill

Bisa dibilang ini sedikit rumit karena membutuhkan empat move, namun dengan latihan terus bisa jadi gocekan andalan untuk memenangkan permainan. Dibutuhkan Out and In dengan cara menahan R ke bawah plus menahan L ke atas. Lalu perlu juga In and Out dari menahan R ke atas dan menahan L ke samping bawah.

Tambahkan flip flap dengan menahan R kebawah dan menahan L ke samping kanan atas. Terakhir, dibutuhkan reverse flip flap yang cara melakukannya adalah menahan R ke atas serta menahan L ke samping kanan bawah.

7. Sombrero Feints

Gocekan ini bisa jadi secret weapon yang jitu ketika sedang menyusun serangan balik. Yang paling penting diperhatikan sebelum melakukannya adalah memastikan bola sudah ada di tanah. Jika sudah, lakukan dengan cara menahan R3 ditambah dengan menahan L ke semua penjuru.

8. Boomerang Trap

Pemain yang menguasai trik ini seringkali tampil keren karena bisa menipu pemain lawan. Caranya dengan menahan R3 dan L mengarah ke lawan. Tambahkan dengan melakukan Rainbow Flick yang caranya adalah R3 di tekan sebanyak dua kali.

9. Super Cancel

Ini adalah gocekan rahasia yang mesti diketahui oleh pemain karena fungsinya adalah mengganti arah lari pemain bawaan sistem. Caranya bagaimana? Mudah saja, yaitu menekan R1 dan R2 berbarengan kemudian pemain segera diarahkan ke bola.

10. Drag Back

Dalam sepak bola, tipuan seringkali digunakan untuk mengejutkan lawan yang ada di dekat pemain. Pada PES 2020, cara ini disebut dengan Drag Back yang berfungsi mengubah arah menggiring bola saat dipepet dua pemain lawan.

Caranya, aktifkan auto feint, giring bola sambil arahkan analog stik kanan ke arah yang berlawanan dari arah lari. Cepat-cepat lepaskan kemudian ganti gerakkan analog kiri dan dribble ke arah yang diinginkan. Ketika berhasil, pemain lawan pasti terkecoh dan lari ke arah yang diinginkan oleh pemain. Menarik, bukan?

Itulah beberapa rahasia tentang cara dribbling/menggocek PES 2020 untuk para pecintanya yang ingin memiliki skill kelas tinggi. Bermain PES 2020 bukan soal kesenangan semata tapi ternyata bisa bertanding di event esport nasional maupun dunia. Hadiah dan popularitas bisa didulang dari menguasai teknik serta trik menggiring dan menggocek bola ini. Selamat mencoba.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor :

Apa reaksi anda?

Fokus Berita